Cincin pernikahan menjadi suatu hal yang penting dalam pernikahan. Oleh karena itu, tips memilih cincin pernikahan pun penting untuk diperhatikan agar bisa memperoleh cincin yang tepat. Sebab, cincin pernikahan akan dipakai seumur hidup dan menjadi simbol dan juga bentuk ikatan cinta yang kuat antar dua sejoli.

Tradisi penggunaan cincin pernikahan sudah aja sejak 4.800 tahun yang lalu, sejak zaman Mesir Kuno. Dahulu, bahan yang digunakan untuk membuat cincin adalah dari alang-alang. Kemudian, di era Romawi kuno mulai memodifikasi gaya tersebut dengan menggunakan bahan cincin yang berasal dari besi sebagai simbol kekuatan yang permanen.

Alasan Cincin Pernikahan Penting

Cincin pernikahan yang terpasang di jari manis sebelah kiri memang sangat penting keberadaannya. Simbol ikatan cinta seumur hidup antar sepasang kekasih membuat cincin pernikahan juga menjadi hal yang sakral. Selain itu, ternyata ada alasan lain yang membuat cincin pernikahan itu penting.

1. Cincin Pernikahan Sebagai Simbol

Cincin pernikahan memiliki filosofi yang sangat mendalam. Bentuk lingkaran menggambarkan sesuatu yang tidak berujung atau bersifat abadi. Ini menggambarkan ikatan cinta yang abadi antara kedua pasangan.

Sementara itu, ruang di tengah cincin menggambarkan pintu atau gerbang pembuka yang mengarah pada sesuatu yang tidak dikenal atau terduga. Ini menggambarkan kehidupan rumah tangga, dimana akan banyak sekali kejadian atau kejutan yang tidak terduga.

Sebagai simbol cinta yang abadi, pilihlah cincin pernikahan terbaik yang akan kamu gunakan seumur hidup bersama pasangan. Salah satu agar kamu bisa menemukan cincin pernikahan yang sesuai adalah dengan custom cincin sendiri. Dengan membuatnya sendiri, maka cincin pernikahanmu dan pasangan menjadi lebih istimewa.

2. Cincin Pernikahan Sebagai Tradisi

Menurut sejarah, tradisi penggunaan cincin pernikahan dari bahan logam dimulai sejak zaman Romawi kuno. Dahulu, bangsa Romawi belum memakai logam mulia seperti emas dan perak dalam membuat cincin pernikahan. Bahan yang digunakan dalam membuat cincin yaitu dari besi sebagai simbol kekuatan yang permanen. 

Simbol kekuatan permanen yang diajarkan oleh bangsa Romawi Kuno dalam memaknai sebuah cincin pernikahan kini terbawa hingga sekarang. Cincin pernikahan dianggap sebagai simbol kekuatan cinta dan harapan bagi cinta yang awet dan abadi sepanjang masa.

Memasang cincin pernikahan di jari manis sebelah kiri juga tradisi yang diajarkan oleh bangsa Romawi. Ini karena pembuluh darah vena yang ada di jari manis pada tangan kiri dikenal sebagai pembuluh darah vena amoris yang merupakan pembuluh darah yang langsung terhubung ke jantung.

Jadi, cincin pernikahan juga menjadi tanda bahwa orang yang menikah telah menemukan jantung hati dan belahan jiwanya. Dalam menemukan cincin pernikahan, kamu bisa cek adellejewellery.com agar bisa mendapatkan cincin pernikahan yang kamu idamkan.