teknik teknik potong keramik

Keramik menjadi salah satu media pelapis lantai dasar. Dimana keramik ini memiliki berbagai macam motif dan ukuran. Meski memiliki ukuran terkadang pada pekerja juga melakukan pemotongan untuk ukuran-ukuran tertentu. Lantas apa saja teknik teknik potong keramik?

Untuk menjelaskan terkait dengan hal tersebut. Artikel ini akan memberikan informasi terkait teknik teknik potong keramik yang bisa kalian baca selengkapnya di sini. Mulai dari teknik pemotongan keramik dengan penggaris maupun dengan bantuan alat. Berikut adalah penjelasan selengkapnya.

Teknik potong keramik dengan penggaris keramik

Salah satu teknik pemotongan keramik bisa menggunakan penggaris keramik. Bahkan cara ini juga lebih mudah digunakan lho. Sampai saat ini teknik pemotongan keramik masih kerap digunakan oleh sebagian pekerja bangunan.

Adapun beberapa tahapan yang diperlukan ketika melakukan teknik pemotongan keramik dengan bantuan penggaris keramik. Apa saja itu ? Begini ulasan selengkapnya terkait teknik pemotongan keramik dengan bantuan penggaris keramik.

  1. Hal pertama yang bisa kalian lakukan adalah memberi tanda pada keramik yang akan dipotong. Bisa dengan bantuan penggaris besi agar lebih teratur dan tidak melenceng garis yang sedang dibuat. Jika ingin  memotong dalam jumlah banyak bisa buat ukuran yang sama atau buat mal terlebih dahulu.
  2. Periksa alat penggaris keramik. Bagian mata harus dalam kondisi tajam dan pegangan harus tetap dalam kondisi kuat.
  3. Letakkan keramik yang akan dipotong pada bagian datar namun kuat. Kalian bisa meletakkan pada meja tertentu.
  4. Letakkan penggaris keramik pada garis yang sudah dibuat dan pastikan juga jika posisi penggaris sudah presisi dengan ukuran.
  5. Postur atau posisi badan kalian haruslah dalam kondisi senyaman mungkin.
  6. Tarik penggaris keramik dari ujung ke ujung.
  7. Tekan keramik pada dua sisi agar potongan keramik bisa benar-benar putus.

Teknik pemotongan keramik dengan alat

Berikutnya adalah teknik pemotongan keramik menggunakan alat. Hal ini sama dengan teknik pemotongan sebelumnya yang mengharuskan ada beberapa tahapan terlebih dahulu. Nah agar kalian bisa lebih mengerti, berikut adalah tahapan tersebut.

  1. Berikan tanda pada keramik yang akan dipotong.
  2. Pastikan alat pemotong keramik dalam kondisi baik.
  3. Tempatkan peralatan pemotong keramik pada bidang datar yang sudah ditentukan.
  4. Letakkan keramik pada alat pemotong.
  5. Lakukan pemotongan hingga keramik terbelah menjadi dua.

Dengan memahami teknik teknik potong keramik seperti penjelasan di atas. Kalian bisa menerapkannya dengan mudah.